Friday, January 31, 2014

Tips Jitu Menghadapi UN ala G. Romadhon

Karena ada salah satu pembaca yang ingin minta tips cara menghadapi UN. Oke sekarang saya akan mencoba untuk menerangkan Tips-nya. Tentu saja tips ini saya buat sesuai dengan pengalaman dan pembelajaran yang pernah saya alami ketika menghadapi UN.

Kebanyakan orang menganggap UN atau Ujian Nasional menjadi musuh berat bagi siswa-siswi akhir SMP maupun SMA. Kalo diibaratkan sebuah game, UN itu merupakan Bos-nya setelah berhasil menempuh perjalanan level tertentu. Untuk masuk ke level selanjutnya para Gamer biasanya harus menaklukan Bos-nya terlebih dahulu. Itulah UN jika dalam dunia belajar di sekolah SMP dan SMA. Jika ingin naik ke level yang lebih tinggi, harus bisa melewati UN dulu. That is the big exam!

Masih dianalogikan sebagai Game (Permainan). Ketika kita main Game, terkadang kita perlu beberapa kali mencoba untuk bisa mengalahkan Bos-nya. Jarang banget ada yang bisa melawan Bos-nya kemudian dia langsung berhasil mengalahkannya. Begitu pun dengan UN. Kita harus mencoba untuk mengalahkannya dengan belajar dan latihan dengan sungguh-sungguh. Untuk itu mengapa setiap sekolah sering mengadakan "Try Out" sebelum UN dilaksanakan. Itu semua untuk mengukur sudah sampai mana batas kemampuan yang kita miliki, dan sudah sebesar apakah usaha yang telah kita lakukan.

Eniwei, UN itu jangan dibawa takut dan jangan gentar untuk menghadapinya. Santai tapi pasti. Jangan meremehkan juga, jangan juga terlalu percaya diri kemudian lupa untuk belajar. Yang terpenting adalah jihad dan usaha dengan sungguh-sungguh. UN diadakan bukan untuk ditakuti, tapi UN diadakan itu untuk kita hadapi dan kita taklukan! Anggap saja teman-teman sedang bermain Game. InsyaAllah teman-teman bisa lebih relaks untuk menghadapinya. Ko jadi serius gini ya? Hehehe

Pasang Target!
Ilmu pasang target ini bukan hanya bisa dilakukan pada UN, tapi bisa juga diaplikasikan untuk menggapai impian dan cita-cita yang kita punya. Contoh pasang target dalam UN yaitu seperti begini: Targetkan teman-teman minimal dalam satu hari mengerjakan latihan soal satu mata pelajaran sampai tuntas dan kemudian membaca pembahasannya juga. Lakukan dengan istiqomah dengan waktu disesuaikan dengan seenaknya teman-teman. Misalkan setelah sholat Isya wajib baca buku, atau setiap ba'da sholat shubuh mengerjakan latihan soal. Inget Pagi setelah ba'da shubuh itu adalah golden time segala sesuatu yang kita kerjakan pada waktu itu bisa menjadi hal yang sangat berharga. Atau teman-teman juga bisa pasang target "Try Out 1" Minimal mendapatkan nilai rata-rata 9 dan seterunya. Begitu.

Ciptakan Belajar Bareng dengan Teman-teman
Dulu, waktu saya masa-masanya menghadapi UN. Saya dan teman-teman saya biasa mengadakan belajar bareng di kelas, waktunya bisa ketika guru sedang berhalangan tidak hadir, atau bisa juga setelah usai kegiatan belajar mengajar pas jam pulang sekolah.
Keuntungan dalam belajar bareng ini, kita bisa lebih leluasa untuk bertanya, pelajaran apa atau rumus apa yang belum benar-benar kita kuasai atau pahami, kita bisa tanyakan kepada teman kita yang sudah paham dan ahli dalam hal itu. Biasanya kalo diajar oleh guru, kita lebih malas untuk bertanya, dan biasanya konsentrasi guru pun terpecah fokus mengajarnya, tidak hanya fokus kepada kita, melainkan fokus mengajar untuk seluruh siswa. Jadi wajar jika guru terkadang langsung mengganggap siswanya paham semua jika sudah ada satu atau dua orang yang paham dengan ilmu yang dia ajarkan.
Kemudian keuntungan selanjutnya kita juga bisa shering ilmu yang sudah kita kuasai kepada teman-teman kita, sehingga kita bisa lebih paham secara mendalam. Mengapa kita bisa paham secara mendalam? Karena hakikatnya sebaik-baiknya belajar sebenarnya adalah mengajar. Nah jadi untuk teman-teman yang sudah mengerti dalam satu bidang pelajaran, jangan pelit-pelit untuk berbagi ilmunya kepada teman-teman yang lain. IsyaAllah ilmu itu jika diamalkan bukan semakin mengurang, yang ada malah akan semakin bertambah, bertambah, dan bertambah. Layaknya satu pohon yang berbuah banyak. So... Mari ciptakan suasana belajar mengajar didalam kelas-mu yah! :D

Bawa Buku Whereever and Whenever!
Kebiasaan yang biasa dilakukan di Pondok adalah setiap musim ujian para Santri diwajibkan untuk membawa buku kapanpun dan dimanapun. Kalo ada yang ketauan nggak bawa buku oleh Bagian Pengajaran atau oleh Ustadz sudah pasti kami para santri mendapatkan hukuman. Kebiasaan membawa buku ini hukumnya wajib ketika musim ujian tiba, bukan hanya ketika menjelang UN aja. Nah... buat teman-teman mungkin bisa mempraktekan ini, teman-teman bisa bawa buku apa saja seperti catatan kecil atau kumpulan rumus-rumus, atau bisa juga rangkuman hasil belajar semalam dibawa kemanapun dan kapanpun. Entah itu sedang pergi ke Kantin, sedang ke Kamar Mandi, sedang diperjalanan main ke rumah teman, atau sedang bernyanyi sedang main gitar atau sedang mandi, "loh? kalo yang ini tentu nggak yah, setelah mandi baru bawa lagi tuh bukunya!" :D Hehehe
Ah... dibawa juga belum tentu dibaca kak?, jadi ngapain dibawa-bawa kemana-mana? Iyah memang buku dibawa belum tentu dibaca, tapi kalo lagi iseng pasti sesekali bakalan dibuka tuh buku! Percaya deh! Dan satu lagi tujuannya, bukan hanya kita dapat membaca ketika ada waktu luang yang tidak terpakai, hal ini bisa menandakan kita dan mensugestikan alam bawah sadar kita, bahwa kita serius dan sungguh-sungguh dalam menghadapi UN. InsyaAllah kebiasaan seperti bisa membantu.

Nah... Mungkin cukup itu dulu deh tips untuk menghadapi UN-nya yah, nanti berlanjut ke strategi jitu ketika sedang melaksanakan UN. Semoga bermanfaat dan Salam Sukses untuk teman-teman yang sedang dalam proses menjelang UN. Ingat mantra sakti ini "Man Jadda Wajada". "Barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan" Ingat juga "Sesungguhnya dalam kesulitan itu pasti ada kemudahan, dan didalam kesulitan itu pasti ada kemudahan" begitu kata Al-Qur'an. Jadi hadapi UN ini dengan tenang dan gagah, tanamkan dalam hati teman-teman "Yes I Can!". "Ya Saya Bisa!".

Ooh iyah ada satu tips lagi nih yang bisa temen-temen lakuin sebelum berangkat ke sekolah agar temen-temen bisa belajar dengan semangat ketika didalam kelas. Pagi-pagi setelah sarapan dan sebelum berangkat sekolah, sisihkan waktu teman-teman sebentar untuk berileksasi mensugestikan sesuatu yang positive ke dalam diri teman-teman. Seperti ini, teman-teman pejamkan mata sejenak dan berteriak didalam hati "Bismillahirrahmanirrahim" "Saya Bisa! Saya Bisa! Saya Bisa!" "Hari ini Saya akan belajar dengan sungguh-sungguh! Saya akan belajar dengan sungguh-sungguh! Saya akan belajar dengan sungguh-sungguh!". Teriakan dengan sangat ikhlas dan dari hati yang paling dalam masukan kedalam alam bawah sadar kita. Begitulah kegiatan yang biasa saya lakukan jika ingin mencapai sesuatu! Hehehe
Sudah lakukan saja, kalo belum dicoba mana tau hasilnya bukan? :D

Oke deh kali ini cukup sampai sini dulu, dan jika teman-teman melihat ada manfaat dalam postingan ini, silahkan sher dan bagikan postingan ini kepada teman, sahabat, kerabat, atau saudara teman-teman semua. Agar bisa lebih bermanfaat! Sampai jumpa dipostingan selanjutnya! Salam :D

No comments:

Post a Comment