Friday, January 24, 2014

My Home is My Home

Gak tau kata-kata apa yang harus di muat lebih dulu ditulisan ini. Kemaren saya sempat sakit, cuma gak enak badan doang sih, meriang gitu. Sekarang juga masih kerasa, tapi itu bukan alesan untuk saya tidak menulis di blog ini. Mumpung sekarang lagi in My Kingdom. Kosan. Jadi saya harus membuat satu tulisan. Chek it out!

Akhir-akhir ini saya tinggal di rumah di Carita. Karena kuliah saya libur, tidak ada tugas-tugas yang menyebalkan lagi, dan kumpul persiapan syuting bareng Kremov Pictures pun sudah saya lewatin. Jadi hari-hari yang kemaren saya lewatin "full-time in Home". 
Tapi hari-hari di rumah nggak se-enak yang saya bayangin. Awalnya sih asik banget bisa cerita-cerita, diskusi-diskusi, ngobrol-ngobrol banyak hal gitu sama Orangtua, tapi setelah itu...

Hampir setiap hari kegiatan yang saya lakuin sama dari hari ke hari.

Tau gak apa yang saya lakuin kalo lagi di rumah?
Nih...
Pagi-pagi bangun tidur: Dibangunin ibu saya buat sholat shubuh. Terus saya bangun dengan mata yang masih tertutup rapat kemudian berwudhu dan sholat shubuh, sehabis itu gak lama kontan saya langsung tidur lagi.
Kemudian bangun-bangun jam 9 pagi, terus nyalain TV, nonton dulu sebentar film-film yang gak jelas arah tujuannya kemana (lebih banyak ganti chanel-nya sih dari pada nontonnya), kemudian merasa udah mulai bosen dan didalam perut saya para cacing-cacing sudah pada berdemo, barulah saya pergi ke Dapur untuk sarapan pagi. Biasanya saya sarapan pagi pake "Uduk Wa Ejun" (Uduk terlaris dan terenak yang ada di-kampung saya) dengan porsi Super Jumbo. Porsi saya 3 kali lebih banyak dari pada porsi yang lain. Gak tau kenapa kalo makan "Uduk Wa Ejun" 1 Porsi itu sama sekali gak kerasa abis makan. Entah karena uduknya yang enak atau karena porsinya yang mirip dengan Nasi Kucing yang Nasinya super sedikit sekali. Hehehe

Tentu saja Nenek Saya sudah hafal dengan porsi perut saya. Nenek Saya yang setiap pagi membelikan kami "Uduk Wa Ejun". Walau sudah disebut Nenek, Nenek Saya masih tetap energik dan sangat lincah kalo sedang melakukan kegiatannya setiap hari, mungkin kebiasaan seperti ini pula-lah yang membuatnya tetap muda dan energik. Perlu diketahui: Nenek saya adalah orang yang paling perhatian Sejagad Raya pada saya kalo saya sedang ada di rumah. Jangankan Nasi Uduk di pagi hari, jajanan yang biasa lewat depan rumah aja selalu beliau panggilin dan pasti dia tawarin  ke saya. Kejadian seperti ini sudah terjadi semenjak saya tinggal di pondok. Setiap Liburan Per-pulangan tiba, sudah pasti Nenek Saya jadi sangat perhatian sama saya dan segala apapun keinginan saya pasti dituruti. Enak kan jadi anak pondok? Hehehe
Wajar namanya juga jarang ketemu kalo pas lagi mondok (read: pondok).

Dibawah ini hal yang biasa Nenek Saya lakuin kalo saya sedang ada di rumah:
Pagi-pagi biasanya ada Mamang Jualan Roti lewat.
Tukang Roti: "Rotii.. rotii...! Roti.. rotii...!". Sambil mainin Bel-nya yang di pencet-pencet berbunyi tet... tot... tet... tot..!
Nenek Saya: "Gilaang? Mau Roti?". Dengan nada dan teriakan yang sangat khas yang hanya dimilki oleh Nenek saya.
Siang-siang biasanya ada tukang rujak lewat.
Nenek Saya: "Gilaang? Mau Petiss Rujak?". Sambil berjalan kedepan rumah manggil Mamang Rujak-nya.
Setelah rujak biasanya ada Tukang Baso.
Nenek Saya: "Gilaang? Mau Baso?". Tetap dengan semangat yang gak pernah ada habisnya.
Dan kalo gak ada yang jualan lewat biasanya Nenek Saya nawarin Bubur Sop yang dijual disamping rumah saya.
Nenek Saya: "Gilang? Mau Bubur Sop?". Sambil membawa mangkok kosong yang dibawanya dari dapur beliau menawarkan kepada saya. Semakin banyak jajanan lewat semakin sering Nenek Saya memanggil saya.
Dan yang saya lakukan ketika mendengar tawaran dari Nenek Saya hanya cukup bilang: "Iyah Mbah Mau!" atau "Oh nggak mbah Gilang udah kenyang...". Begitu hampir setiap hari, untuk itu wajar jika saya bilang Nenek Saya adalah Nenek paling perhatian Sejagad Raya. Dan tentu saja saya sangat mencintai Nenek Saya. I Love You Mbah Putri!. *Jadi sedih dan terharu nih... hiks hiks hiks! "Maafkan cucu-mu ini mbah kalo belum bisa membalas apapun!"

***

Gak ada hal yang menarik yang saya lakukan dirumah. Kalo orang USA (Urang Sunda Asli) bilang sih: Saya dirumah cuma "HARDOLIN" atau disingkat Dahar, Molor, Ulin. Eh kebalik ya? Ya pokoknya gitu aja deh maksudnya. Ehh... Tapi kalo buat ngomongin Ulin (Main), di rumah saya malah jarang main keluar (rumah). Entah dari mana tadinya dan seperti apa awalnya, semenjak kampung halaman saya, saya tinggalkan untuk perjalanan menuntut ilmu ke pondok, semenjak itu pula saya jarang gabung dan bermain dengan kawan-kawan rumah. Bukan karena apa-apa! Kawan-kawan rumah saya rata-rata sekarang sudah pada kerja dan sudah pada nikah juga. Jadilah saya lebih memilih mengurung diri di rumah. Jika saya mulai bosan, sesekali saya pergi ke Labuan mengantar Ibu Saya ke Toko. (Biasanya Ibu lebih memilih tinggal di rumah kalo saya sedang pulang).

Apa lagi ya yang saya lakukan di rumah? Selain HARDOLIN!
Saya pernah mencoba untuk melanjutkan tulisan serial Cerpen: Ahsan Journey in Pondok! yang sempat tersendat ketika saya sedang melanjutkan untuk menulis. Tapi di rumah saya itu mengandung banyak godaan, mulai dari aura kasur yang empuk menggoda mata siapa saja yang memandangnya, suara TV yang menggaung-gaung ke telinga seolah-olah dia berkata: "Tontonlah saya Gilang! Tontonlah Saya Gilang! Tontonlah Saya Segera!". Atau Mamang-mamang jualan yang hilir mudik dengan alat perkusinya masing-masing, dan masih banyak lagi godaan-godaan yang membuat saya harus menutup rapat laptop dan kembali mengerjakan aktifitas yang gak ada gunanya. Bermalas-malasan.
Ya benar! Di rumah, saya lebih banyak bermalas-malasan dari pada melakukan hal yang produktif. (Don't try it at Home! Jangan coba lakukan itu dirumah! Hanya dilakukan oleh Profesional!) *Hehehe

Sekarang saya mau mencoba untuk membela diri:
Ada satu kendala sih, yang bisa mengacaukan semua rencana yang udah tersusun rapih kalo lagi di rumah. Dan kendala itu adalah Jaringan Internet! Yap Jaringan Internet "Tri Jagoan Internet" saya tidak berfungsi kalo saya sedang dirumah. Padahal segala inspirasi dan motivasi yang saya bikin semuanya ada di Internet. Bagi saya sulit rasanya ketika harus menulis tanpa sambungan Internet. Seharusnya tidak begitu sih, saya harus bisa menulis dengan kondisi seperti apapun (Ya... Sedang diusahakan).

Paling kalo gak ada sambungan Internet, saya hanya punya satu jurus andalan lagi untuk mengembangkan inspirasi dan motivasi saya dalam menulis yaitu: Membaca Buku yang banyak! Biar mendapat banyak Inspirasi juga!
Dan setelah saya coba jurus andalan ini. Tentu saja jurus ini tidak berhasil saya gunakan. Membaca Buku di dalam kamar yang sangat nyaman di rumah, membuat mata saya serasa di Nina-bobokan! 1 menit berlalu, kemudian 2 menit, 3 Menit dan 5 Menit kemudian! Tidur. Hahaha gak ada yang bener amat yah kalo lagi di rumah?

***

Yaudah deh! Mungkin curhatnya cukup sekian dulu ya, semoga banyak yang gak usah ditiru dari prilaku yang kurang motivatif ini. Mulai dari bangun tidur (pagi) terus tidur lagi, itu sangat-sangat hal yang seharusnya dihindari, karena pagi-pagi itu merupakan Golden Time. Waktu yang sangat berharga. Kemudian bermalas-malasan di rumah, ini juga bukanlah sikap yang baik, seharusnya dimanapun dan kapanpun kita harus tetap rajin dan tetap bersemangat untuk melakukan hal yang positive juga produktif! Apalagi di rumah sendiri. Rumah adalah awal mula kita bisa sampai seperti sekarang ini, jadi kita harus menjaga rumah kita dengan sebaik mungkin. Karena sejauh apapun kaki kita melangkah! Pasti kita akan kembali ke rumah kita! Hohoho... Kata-katanya jadi so bijak gitu yah! Hehehe

Dan Cerita: rangkaian peristiwa diatas merupakan ungkapan masalah yang saya hadapi ketika saya sedang ada dirumah! Tentu saja saya akan berusaha untuk merubahnya perlahan-lahan kearah yang lebih baik. Rumah bukan hanya tempat istirahat tapi juga tempat kita berbuat untuk keluarga kita.
Jika kita memilki sebuah rencana perubahan? Harus dilakukan dari hal yang paling kecil terlebih dahulu, langkah kecil kita akan mewujudkan rencana besar kita! Begitu! Hehehe
Terima Kasih dan ambil dari sisi positifnya saja yah Readers! :D

No comments:

Post a Comment