Tuesday, October 28, 2014

First Project: Camp Fosil 2014

Di postingan kali ini gue akan bercerita tentang suka duka gue membuat vidio Camp Fosil 2014.

Jadi, begini ceritanya. Awal mulanya gue dipercaya untuk menjadi ketua Koordinator Pubdekdok Camp Fosil 2014, oleh Ketua Panitia Camp dan ketua Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS). Gue sangat bersyukur sekali atas kepercayaan yang diberikan oleh keduanya, tapi sayangnya dalam kesempatan ini gue menolaknya. Bukan, bukan berarti gue menolak menjadi koor karena gue gak mau bantu acara HMS, tapi karena gue punya kesibukan lain yang udah gue gelutin sebelum acara Himpunan mulai, jadi gue khawatir kalau gue menjadi koor di Pubdekdok, nanti gue gak akan bisa kerja secara maksimal karena kesibukan itu. Maka dari itu gue memutuskan untuk hanya sekedar menjadi anggota Pubdekdok yang bisa bantu kapan saja sebisa gue. Alhamdulillah temen-temen panitia memaklumi dan percaya sama gue.

Maka terpilihlah sodara Leo, untuk menjadi Koordinator Pubdekdok 2014. Alhamdulillah, Leo termasuk orang yang mudah untuk diajak kerja sama.

Gue dan temen-temen Pudekdok lainnya berencana untuk memberikan hasil dokumentasi terbaik sepanjang sejarah HMS dan Camp. Acara Camp Fosil sendiri ialah acara kaderisasi HMS, yang bertujuan untuk mengkader para Mahasiswa Baru untuk menyiapkan generasi yang bermutu dan berkopeten demi melanjutkan jejak HMS selanjutnya. Karena kalo bukan ditangan mereka? Ditangan siapa lagi HMS akan berjaya?

Sulitnya dalam mendokumentasikan acara Kaderisasi seperti ini adalah kita tidak bebas untuk mengambil gambar kegiatan yang sedang berlangsung. Terkadang ada beberapa kegiatan yang tidak boleh diambil gambarnya karena akan menimbulkan efek kekhusuan pengkader, jadi ya serba salah gitu deh. Tapi overall semuanya bisa ditangani dengan baik ko.

Yang lebih menantangnya lagi, ini adalah pertama kalinya gue bikin vidio sebuah acara, dan yang nantinya gue sendiri yang akan membuat dan mengedit vidionya. Rasanya gak nyangka aja... Hahaha Kalo dipikir-pikir hasil editing vidio gue tuh masih jauh dari kata sempurna dan masih sangat pemula dalam hal pembuatan vidio. Tapi, kalo bukan dimulai dari sekarang? ya, kapan lagi? Jadi gue ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh panitia atas kepercayaan penuh demi terbuatnya vidio dokumentasi yang sama-sama kita nantikan ini.

Acara dilaksanakan pada tanggal 11 - 12 Oktober 2014 di Kareumbi Bandung. Setelah acara selesai, inilah saat-saat yang dinanti-nantikan sama gue. Time for Editing! Tapi... waktu itu disaat gue menggebu-gebu lagi bersemangat-semangatnya pengen langsung ngedit vidio hasil dari Camp. Tugas kuliah yang tak kenal sikon, tak kenal waktu, tak kenal tempat, dengan garang menyerbu sambil membawa dedlen yang tak bisa diajak kompromi. Pada akhirnya gue dipaksa untuk menyerah mengesampingkan ego gue demi ego si tugas. "Gue mengalah untuk menang". Setidaknya kata itulah yang dapat sedikit menghibur diri sendiri.

Dan setelah tugas-tugas terkikis satu per-satu. Moster detlen telah lenyap. Tidak menunggu lama-lama lagi, gue langsung sikat tuh bergelut depan laptop nangkrengin si Vidio Editing, kebetulan gue ngedit vidionya pake Sony Vegas pro 11. Maka jadilah Teaser vidio sepert diatas. Masih jauh dari kata sempurna sih untuk dibilang teaser, tapi gak papa yah... Hehehe *maksa

Oke itulah kira-kira kisah suka duka gue dalam mengedit vidio dengan first project dari kampus. Jangan lupa like, coment, dan subcribe channel youtobe gue diatas. Dengan itu semua, mungkin semangat berkarya gue akan bertambah lebih keras lagi dalam berkarya. Terima kasih. :)

No comments:

Post a Comment