Thursday, July 3, 2014

I Love Ramadhan


Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki hari kelima di bulan Ramadhan 1435 H. Tidak terasa sudah hampir seminggu kita menahan haus dan lapar di siang hari dan mendirikan sholat tarawih pada malam hari setiap ba'da isya di Masjid dengan berjama'ah. Biasanya dihari awal-awal puasa ini Masjid sedang ramai dipenuhi orang muslim untuk berlomba-lomba dalam melipatgandakan pahala, semoga bisa tetap bertahan sampai akhir bulan Ramadhan yah, atau bahkan sampai dengan bulan-bulan yang lain tidak hanya Ramadhan saja.

Gue suka banget sama bulan Ramadhan, dibulan ini bukan cuma sekedar bulan yang penuh berkah dan banyak perlipat gandaan pahala, disisi lain bulan Ramadhan adalah bulan kelahiran gue Hehehe, gue lahir tepat pada tanggal 17 Ramadhan yang bertepatan pula dengan tanggal dimana Al-Qur'an diturunkan, hemm... kejadian ini jugalah yang menginspirasi kedua orangtua gue untuk menamakan gue anaknya Gilang Romadhon, yang artinya kurang lebih "bergemilang dibulan ramadhan (Nuzulul Qur'an)". Gimana? Nyambung gak? Kalo gak nyambung, ya sambungin aja deh Hehehe. Yang pasti gue sangat berterima kasih pada Allah SWT yang telah menurunkan gue ke muka bumi ini bertepatan dengan tanggal dimana Al Qur'an diturunkan, kalo nama lain dari turunnya Al Qur'an adalah Nuzulul Qur'an, nah... gue punya sebutan sendiri buat menandakan kelahiran gue dibulan ini yaitu dengan sebutan Nuzulul Gilang Hehehe, sama aja ya itu mah?.
Al Qur'an adalah kitab suci Agama Islam, Al Qur'an dijadikan umat muslim sebagai panduan, pedoman, tuntunan hidup seorang muslim, karena didalamnya terdapat firman-firman Allah. Baik itu firman sebagai perintah, peringatan, kabar gembira, dan panduan hidup dimuka bumi ini yang diciptakan oleh-Nya (Allah). Nah ini juga yang menginspirasi gue, kalo gue gak boleh jadi orang yang remeh, gue harus bisa seperti Al Qur'an yang dijadikan pedoman hidup bagi umat muslim sedunia. Minimal gue harus bisa menginspirasi banyak orang untuk bisa melakukan kebaikan dan kebajikan dimuka bumi ini. Aamiin.

Walaupun dibulan ini gue sebagai seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa untuk menahan hawa nafsu tidak makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari, tapi gue tetap senang kalo menyambut bulan sepesial ini. Sudah dua bulan Ramadhan gue lewatin diluar pondok (karena gue dulu tinggal dipondok), terakhir gue lebih banyak puasa dikosan karena ngejar SP (Semester Perbaikan). Tentu sangat berbeda rasanya ketika gue puasa di kosan (kampus) dengan dulu pas gue puasa di pondok, apalagi di rumah. Kalo di kosan gue lebih banyak menghabiskan waktu untuk kuliah dan belajar bareng temen-temen kampus, dan kelebihan lainnya hampir setiap hari buka bareng di Masjid hanya untuk sekedar mendapatkan takjil geratisan Hehehe (Tetep diniatin buat sholat ke Masjid juga ko!). Terkadang gue dkk juga sering pindah-pindah Masjid sambil mencari Masjid mana nih yang paling istimewa menyiapkan takjilnya, mulai dari Masjid yang hanya menyiapkan takjil teh manis, sampai Masjid yang menyiapkan takjil Nasi Ayam. Hem... Dasar Mahasiswa pengiritan. Nah berbeda dengan gaya puasa di pondok, kalo di pondok gue jadi lebih fokus dan khusuk memperbanyak ibadah dan menggali ilmu agama lebih dalam, ada ciri khas kegiatan tersendiri di bulan Ramadhan, seperti begini: yang tadinya kegiatan membaca Al Qur'an hanya dilakukan setelah ba'da shubuh, ba'da Ahsar dan sebelum sholat Magrib, di bulan Ramadhan kegiatan membaca Al Qur'an di perbanyak menjadi wajib setiap ba'da sholat wajib. Bukan hanya itu di bulan Ramadhan kegiatan belajar mengajar masih tetap seperti biasanya, hanya ada tambahan kultum disela-sela ba'da sholat juga. Nah kalo di rumah? Kalo puasa di rumah gue lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan males-malesan menonton TV, duuuh... kalo yang ini jangan ditiru nih, kayanya gue juga harus memperbaiki dan menyusun rencana kegiatan berpuasa di rumah nih, biar waktu yang ada gak sia-sia dipake untuk tidur dan bermalas-malasan, rugi. Seharusnya dibulan puasa ini menjadi ajang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, karena dibulan yang penuh rahmat ini semua kegiatan yang baik akan dilipat gandakan ganjarannya. Yuk lah mari mulai berbuat dari sekarang! :)

Oh iyah untuk yang belum tau nih tujuan puasa itu untuk apa? Tujuan puasa yaitu untuk membentuk muslim dan muslimah agar mau menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman hidup. Cara Puasa? Caranya yaitu seorang muslim dan muslimah di gembleng satu bulan penuh lamanya agar dapat mengendalikan hawa nafsu. Sehingga diharapkan apabila dia telah dapat mengendalikan hawa nafsu maka dia mau menjadikan Al Qur'an sabagai pedoman hidup. Sebaliknya apabila dia tidak mau menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman hidup berarti dia masih dikuasai oleh hawa nafsu. (Diambil dari pelajaran Tauhid yang diajarkan pada santri Pesantren Modern Daar El Falaah kelas 1)

Selamat menunaikan Ibadah Puasa teman-teman, semoga amal ibadah kita diterima oleh-Nya, dan semoga puasa kita tidak hanya menjadi puasa yang mendapatkan lapar dan haus saja, dengan cara memanfaatkan bulan puasa ini untuk beribadah sebanyak-banyaknya. Terima kasih sudah mau baca tulisan ini, dan Salam romadhON! :D

No comments:

Post a Comment